© 2016-2018 Aliansi Zero Waste Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Basic Square
  • Instagram Social Icon
Please reload

Recent Posts

Mengapa Kami Menggugat Perpres Percepatan PLTSa?

September 13, 2016

1/2
Please reload

Featured Posts

AZWI SECRETARIAT RECRUITMENT

September 13, 2019

 

Profil AZWI

Aliansi Zero Waste Indonesia (AZWI) adalah 9 organisasi yang terdiri dari YPBB, GIDKP, Nexus3/BaliFokus, PPLH Bali, ECOTON, ICEL, Nol Sampah, Greenpeace Indonesia dan Walhi. Kami mengkampanyekan implementasi konsep Zero Waste yang benar dalam rangka pengarusutamaan berbagai kegiatan, program, dan inisiatif Zero Waste yang sudah ada untuk diterapkan di berbagai kota dan kabupaten di Indonesia dengan mempertimbangkan hirarki pengelolaan sampah, siklus hidup material, dan ekonomi sirkuler.

 

Visi AZWI

Terwujudnya alam nusantara yang berkelanjutan dan sehat, melalui peradaban yang secara adil memanfaatkan sumber daya alam sehemat mungkin, hanya menggunakan material yang aman, dan tidak membuang apapun.

 

Misi AZWI

  1. Menyinergikan dan meningkatkan sumber daya, upaya  dan potensi dari anggota dan agen perubahan lainnya. 

  2. Mengarusutamakan pemahaman prinsip bebas sampah yang aman dalam tahap ekstraksi, produksi hingga pemanfaatan.

  3. Mengembangkan model dan mempercepat implementasi solusi bebas sampah yang aman.

  4. Menghentikan segala bentuk promosi dan implementasi upaya yang bertentangan dengan prinsip bebas sampah yang aman.

  5. Membangun jaringan kerjasama dan berpartisipasi aktif pada gerakan di tingkat global yang sejalan dengan visi AZWI.

Prinsip AZWI

AZWI mengadopsi semua prinsip yang diangkat oleh Break Free From Plastic Global Movement (BFFP).

Persyaratan Umum

Berikut adalah persyaratan minimal yang harus dipenuhi oleh seluruh pendaftar:

  1. Memiliki ketertarikan dan visi di bidang pengelolaan lingkungan, khususnya terkait dengan pengelolaan sampah;

  2. Berkomitmen untuk bekerja di Sekretariat AZWI minimal 2 tahun (dengan masa percobaan kerja selama 3 bulan sebelum memasuki masa komitmen kerja 2 tahun);

  3. Warga Negara Republik Indonesia;

  4. Sehat jasmani dan rohani;

  5. Berdomisili di Jakarta dan sekitarnya.

 

National Coordinator

Fungsi kerja:

  1. Memimpin dan bertanggung jawab terhadap pengelolaan sekretariat AZWI (berkoordinasi dengan SC);

  2. Mengkoordinasikan penerjemahan arahan strategis AZWI dan arahan dari Steering Committee AZWI menjadi program atau rencana aksi AZWI;

  3. Mengembangkan berbagai aspek governance AZWI 

  4. Mengkoordinasikan sistem keanggotaan AZWI dan potensi anggota baru;

  5. Memfasilitasi koordinasi di antara anggota AZWI dalam pelaksanaan berbagai kegiatan

  6. Mengkoordinasi pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang dilakukan secara langsung oleh sekretariat sesuai arahan dari SC

  7. Membangun kerjasama dengan pihak di luar AZWI baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun internasional yang memiliki visi, misi, dan nilai yang selaras dengan AZWI;

  8. Melakukan pemetaan aktor-aktor di luar AZWI;

  9. Mengidentifikasi potensi sumber pendanaan dan menyusun proposal pendanaan bekerjasama dengan Steering Committee AZWI;;

  10. Menyampaikan laporan perkembangan minimal 2 (dua) kali dalam setahun secara rutin atau jika diperlukan, kepada Steering Committee AZWI;

  11. Memfasilitasi pertemuan/rapat:

    1. tahunan AZWI;

    2. rutin AZWI;

    3. internal sekretariat;

    4. sekretariat dengan Steering Committee AZWI; dan

    5. lainnya yang berkaitan dengan pengelolaan sekretariat AZWI.

  12. Menyampaikan tanggapan atau informasi kepada publik yang berkaitan dengan isu strategis dalam pengelolaan sampah (berkoordinasi dengan Communication Officer);

  13. Menghadiri pertemuan atau undangan yang ditujukan untuk AZWI.

 

Syarat dan Kualifikasi:

  1. Pendaftar memiliki latar belakang pendidikan minimal S1 atau setara;

  2. Pendaftar memiliki pengalaman kerja di bidang kampanye dan advokasi lingkungan hidup minimal 2 (dua) tahun;

  3. Pendaftar bersedia untuk bekerja dengan menghidupi nilai-nilai kerja AZWI;

  4. Pendaftar bersedia untuk bekerja penuh waktu (200 jam kerja dalam sebulan);

  5. Pendaftar memiliki kemampuan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris secara verbal maupun tulisan dengan baik;

  6. Pendaftar diharapkan memiliki keterampilan dan kemampuan sebagai berikut:

    • memiliki pengetahuan yang mumpuni dalam isu pengelolaan sampah;

    • memiliki kemampuan intrapersonal yang baik;

    • memiliki kemampuan bekerja di bawah tekanan;

    • memiliki kemampuan untuk menganalisis isu dan memberikan solusi yang tepat;

    • memiliki kemampuan untuk memimpin, mengkoordinasikan, dan menggerakkan orang lain; dan

    • memiliki kemampuan untuk mengelola aliansi, mengkoordinasikan program dan anggota, maupun kemampuan manajemen aliansi lainnya.

 

Communication Officer

Fungsi kerja:

  1. Memiliki peran sebagai penanggung jawab sirkulasi informasi berita di/dari/ke dalam dan di/dari/ke luar AZWI;

  2. Membangun dan melakukan komunikasi secara efektif dengan seluruh anggota AZWI, pemerintah, jurnalis, dan stakeholder eksternal lainnya terkait dengan pengawasan terhadap isu yang sedang berkembang dan pengembangan key messages AZWI;

  3. Menyiapkan bahan dan memberikan rekomendasi kepada National Coordinator untuk kebutuhan penyampaian informasi kepada publik;

  4. Mengumpulkan informasi dari seluruh anggota AZWI dan sekretariat AZWI dalam rangka penyampaian informasi kepada publik;

  5. Melakukan pengelolaan dan analisis data dan informasi yang diperoleh dari seluruh anggota AZWI dan sekretariat AZWI dalam rangka penyampaian informasi kepada publik;

  6. Melakukan pemantauan dan analisis terhadap media dan perkembangan opini publik;

  7. Meningkatkan citra dan mempertahankan reputasi AZWI dengan berpartisipasi aktif dalam kegiatan-kegiatan pameran, seminar, press conference, dan workshop;

  8. Mengelola media sosial AZWI dan merancang serta memproduksi materi komunikasi seperti brosur, laporan, video, rilis berita, dan konten website.

 

Syarat dan Kualifikasi:

  1. Pendaftar memiliki latar belakang pendidikan minimal S1 atau setara, diprioritaskan bagi pendaftar yang yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang ilmu komunikasi dan memiliki pemahaman yang baik terhadap isu-isu lingkungan, khususnya pengelolaan sampah;

  2. Pendaftar memiliki pengalaman kerja di bidang komunikasi atau media massa minimal 3 (tiga) tahun;

  3. Pendaftar menghidupi seluruh nilai-nilai dalam AZWI;

  4. Pendaftar bersedia untuk bekerja penuh waktu (200 jam dalam satu bulan);

  5. Pendaftar memiliki kemampuan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris baik verbal maupun tulisan yang baik;

  6. Keterampilan dan kemampuan:

  • intrapersonal yang baik;

  • komunikasi verbal maupun tulisan yang baik;

  • analisis isu dan melakukan pengemasan isu di saat yang tepat;

  • bekerja di bawah tekanan;

  • mengelola komunikasi intra dan inter jaringan;

  • koordinasi program untuk tujuan komunikasi dengan anggota;

  • mengelola sarana digital AZWI, yang meliputi media sosial (Facebook, Twitter, dan Instagram) dan website; dan

  • memiliki pengalaman mengelola media massa adalah nilai plus.
     

 

Finance and Administration Officer

Fungsi kerja:

  1. mengelola keuangan proyek dan kegiatan AZWI;

  2. mencatat, menyiapkan, dan menerbitkan laporan keuangan;

  3. menyiapkan laporan keuangan untuk audit sesuai standar keuangan yang berlaku;

  4. mengurus administrasi dan urusan surat menyurat AZWI;

  5. memiliki tanggung jawab untuk mengelola aset dan inventarisasi aset AZWI.

Syarat dan Kualifikasi:

  1. Pendaftar minimal berijazah S1 atau setara di bidang akuntansi atau finance; 

  2. Pendaftar memiliki pengalaman kerja di bidang akuntansi atau finance;

  3. Pendaftar bersedia untuk bekerja paruh waktu;

  4. Pendaftar memiliki kemampuan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris baik verbal maupun tulisan yang baik;

  5. Keterampilan dan kemampuan:

  • memiliki keterampilan dan kemampuan dalam bidang finance dan prosedur dalam pembukuan;

  • memiliki kemampuan dalam mengoperasikan Microsoft Excel; dan

  • memiliki ketelitian dan memperhatikan detail untuk melihat kesalahan dalam penghitungan.

 

Cara Mendaftar

Kami mengundang pendaftar yang berminat untuk bergabung dalam sekretariat AZWI dengan cara mengirimkan: 

  1. cover letter beserta persyaratan gaji;

  2. resume (maksimal 3 halaman; tidak termasuk lampiran resume) dengan menyertakan nama dari 3 (tiga) orang yang mereferensikan pendaftar beserta nomor kontak serta email ketiganya dalam lampiran resume;

  3. surat pernyataan bebas dari konflik kepentingan;

  4. hasil screenshot MBTI dari website 16 Personalities;

  5. salinan digital Kartu Tanda Penduduk (KTP);

  6. salinan digital ijazah pendidikan terakhir;

Kirimkan aplikasi Anda secara elektronik dengan: 

subjek email : Nama - Rekrutmen Sekretariat AZWI 2019 

email : no.burn.indonesia@gmail.com

Kirimkan lamaran Anda sebelum 22 September 2019.

 

Hanya pelamar yang berkasnya terpilih akan dihubungi lebih lanjut untuk berpartisipasi dalam proses wawancara kerja.

 

AZWI memberikan kesempatan yang sama kepada setiap orang dengan mencerminkan keragaman usia, agama, sosial dan etnis masyarakat Indonesia. Pelamar dari latar belakang minoritas secara historis di Indonesia, dan perempuan didorong untuk melamar.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Follow Us
Please reload

Search By Tags